Menentukan Jumlah Bilangan Positif dan Negatif

SOAL :

SOAL NIS GANJIL

Buatlah sebuah program dengan menggunakan bahasa java dengan  algoritma dan ketentuan berikut ini ,
Program Menentukan Jumlah Bilangan Positif dan Negatif
Tools yang digunakan : Teks Editor (Notepad, Wordpad, Notepad++, Komodo, etc)

Algoritma
Input
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : N
Bilangan ke 1 :
Bilangan ke 2 :
…………………
………………...
Bilangan ke N :

Output
Jumlah Bilangan Positif   :
Jumlah Bilangan Negatif :

Contoh :
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : 5
Bilangan ke 1 : -5
Bilangan ke 2 : -7
Bilangan ke 3 : 9
Bilangan ke 4 : 4
Bilangan ke 5 : 2

Output
Jumlah Bilangan Positif   : 3
Jumlah Bilangan Negatif :  2


Penilaian (Poin 110)
1.     Penamaan variable ,operator, komentar untuk penjelasan program. ( Poin 10)
2.     Program dibuat lebih dari satu file class dan satu method (satu method harus berjenis fungsi – memiliki nilai kembalian) ( Poin 25)
3.     Penggunaan Class Library untuk Input dari Keyboard( Poin 30)
4.     Pengunaan Struktur Kontrol  (Conditional dan Looping). ( Poin 20)
5.     Program sesuai dengan Algortima yang diberikan ( Poin 25)

SOAL BONUS

Buatlah sebuah program dengan menggunakan bahasa java dengan  algoritma dan ketentuan berikut ini ,

Program Kalkulator Sederhana
Tools yang digunakan : Teks Editor (Notepad, Wordpad, Notepad++, Komodo, etc)

Algoritma
      Input
       Operand1 operator1 operand2 operator2 … ….operandN  operatorN
      Output                                                                              
      Hasil operasi

      Contoh :
       5 + 3 – 2 + 2

      Output
       8

Penilaian (Poin 110)
1.     Penamaan variable ,operator, komentar untuk penjelasan program. ( Poin 10)
2.     Program dibuat lebih dari satu file class dan satu method (satu method harus berjenis fungsi – memiliki nilai kembalian) ( Poin 25)
3.     Penggunaan Class Library untuk Input dari Keyboard( Poin 30)
4.     Pengunaan Struktur Kontrol  (Conditional dan Looping). ( Poin 20)
5.     Program sesuai dengan Algortima yang diberikan ( Poin 25)



          PENYELESAIAN

class pertama :
oal_Ganjil_Java.class
class kedua :
JavaTHR

script

class pertama :

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package javathr;

/**
 *
 * @author ondika
 */
import java.util.InputMismatchException;


public class Soal_Ganjil_Java                                     // file java yang diberinama file Soal_Ganjil_Java
{                                                                               //awas Program java
    public static void main(String[] args)                      
    {                                                                         
     
     
        try                                                                                                  
  //try di sini untuk mengaktifikasi kesalahan penginputan data
        {
         //awal program mengaktifikasi kesalahan penginputan data, jika ya maka lakukan proses dibawah ini, jika tidak lakukan proses catch.

         
               int input = 0;                                                   
              // tipe data integer yang variabelnya input yang bernilai 0
              System.out.println("menentukan bilangan positif dan negatif,");
              // menampilkan kata menentukan bilangan positif dan negatif
              System.out.print("Jumlah bilangan yang ingin anda masukan :");
             // menpilkan Jumlah bilangan yang ingin anda masukan :
              input = JavaTHR.input();
              JavaTHR.input(input);
        }       // akhir program mengaktifikasi kesalahan penginputan data


        catch (InputMismatchException IE)  // jika tidak maka lakukan proses di bawah ini.
        {
            System.out.println("Tolong masukan angka saja");  //menampilkan kata Tolong masukan angka saja.
        }     
    }
}



class kedua :


/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package javathr;

/**
 *
 * @author ondika
 */
import java.util.Scanner;

public class JavaTHR                                                         
// file java yang diberinama file Soal_Ganjil_Java
{                                                                                          
 // awal class
         public static int input()                                                      
//method ini digunakan sebagai mutator variable pengendali Pengulangan ( looping )
    {
        Scanner isidata = new Scanner(java.lang.System.in);        
//digunakan untuk membuat variable menyimpan inputan user
        int masuk ;                                                
//tipe data integer yang variabelnya masuk
        masuk = isidata.nextInt();                                
//variabel masuk akan menyimpan data yang di inputkan
        return masuk;                                            
 //untuk kembali ( melooping )
    }
    public static void input(int kontrol)                        
 //method ini digunakan untuk memproses kontrol.
    {                                                              
//tanda awal pengulangan
     
        Scanner isidata = new Scanner(java.lang.System.in);  
        int masuk ;                                                 // tipe data integer yang bervariabel masuk
        int positif = 0 ;                                           // tipe data integer yang bervariabel Positif yang bernilai 0
        int negatif = 0 ;                                           // tipe data integer yang bervariabel negatif yang bernilai 0
        int index = 1;                                              // tipe data integer yang bervariabel index yang benilai 1
     
        for (int i = 1; i <= kontrol; i++)                        
// pengulangan untuk integer i yang bernilai 1, apa bila i bernilai 1 lebih kecil dari kontrol, jika ya maka i di tambah 1, jika tidak maka pengulangan akan berhenti)
        {                                                           // awal pengulangan
            System.out.println("masukan bilangan ke" + index +":");
// untuk menampilkan ("masukan bilangan ke : ") arti + index + adalah tampilan setelah "masukan bilangan ke" akan bertambah 1 dengan sendirinya.
            masuk = isidata.nextInt();                            
// masuk di sini adalah inputan yang tadi di public static input()
            index++;                                              
// index akan bertambah 1 dengan
         
            if (masuk>0)                                          
// untuk menyeleksi apa bila data yang di inputkan tadi (masuk)  > besar dari 0 maka lakukan proses selanjutnya, jika tidak maka ke else if
            {                                                       // awal menyeleksi jika ya
                positif++;                                        
// apa bila dalam penyeleksian awal ya maka positif bertambah 1.
            }                                                       // akhir menyeleksi jika ya
            else if (masuk<0)                                      
// jika penyeleksian awal tidak, maka akan di seleksi kembali apa kah data yang di inputkan tadi (masuk) < dari 0 maka lakukan proses selanjutnya, jika tidak maka akan berhenti.            
            {                                                           // awal menyeleksi jika ya
                negatif++;                                        
 // apa bila dalam penyeleksian awal ya maka negatif bertambah 1
            }                                                       // akhir menyelsi jika tidak
        }              
        System.out.println("jumlah bilangan positif : " + positif);
//untuk menampilkan ("jumlah bilangan positif : ") dan menjumlahkan hasil akhir dari positif
        System.out.println("jumlah bilanga negatif : " + negatif);
//untuk menampilkan ("jumlah bilangan negatif: ") dan menjumlahkan hasil akhir dari negatif
     }                                                              // tanda akhir pengulangan

}                                                                   // akhir dari class



bonus :

 public static void main(String[] args)
    {

            int hasil = 0;                                                  //tipe data integer yang variabelnya hasil yang bernilai 0
            boolean Salah = false;                                   //tipe data boolean yang variabelnya salah yang bernilai false(salah)
            Scanner dataIn = new Scanner(System.in);    //digunakan untuk membuat variable menyimpan inputan user

            System.out.println("masukan bilangan yang akan di hitung : ");            
// untuk menampilkan ("masukan bilangan yang akan di hitung") pada saat di run
            String input = dataIn.nextLine();                                          
// input di sini adalah inputan yang tadi di public static input()

            char charConvert[] = new char[input.length()];                              //
            String stringConvert[] = new String[charConvert.length];
            //
            int m = 0;                                                                
//tipe data integer yang variabelnya M yang bernilai 0
            String blank = "";                                                        
//tipe data String yang variabelnya blank yang masih kosong

            for(int i = 0;i < charConvert.length;i++)                                  
//proses penggulangan(looping) tipe data integer yang variabelnya i, i = 0, i < charConvert[]; i++
            {                                                                           //awal pengulangan
                char tester = input.charAt(i);                                          
//tipe data char yang variabelnya tester, dan tester ini dapat menyimpan data

                if (tester == '+' || tester == '-' || tester == '*' || tester == '/')
                {
                    m++;
                    blank = "";

                    charConvert[m] = input.charAt(i);
                    stringConvert[m] = String.valueOf(charConvert[m]);
                }
                    else if(tester == '0' || tester == '1' || tester == '2' || tester == '3' || tester == '4' || tester == '5' || tester == '6' || tester == '7' || tester == '8' || tester == '9')
                    {
                        charConvert[m] = input.charAt(i);
                        stringConvert[m] = blank + String.valueOf(charConvert[m]);
                        blank = stringConvert[m];

                        m--;
                    }
                    else if(tester == ' ')
                    {
                        continue;
                    }
                       else     
                {
                    System.out.println("Operator yang anda masukkan tidak tersedia !");
                    System.out.println(tester);
                    Salah = true;
                    break;
                }

                m++;
            }
            //
            if(Salah != true)
            {
                hasil = Integer.parseInt(stringConvert[0]);
                //
                int operand = 0;

                for(int i = 1;i < stringConvert.length;i++)
                {
                    if((i % 2 == 1) && (charConvert[i] != ' '))
                    {
                        operand = Integer.parseInt(stringConvert[i+1]);

                        switch(charConvert[i])
                        {
                            case '+' : hasil = hasil + operand; break;
                            case '-' : hasil = hasil - operand; break;
                            case '*' : hasil = hasil * operand; break;
                            case '/' : hasil = hasil / operand; break;
                        }
                    }
                }
                System.out.println(hasil);
            }
        }
}

outputan :

THR JAVA GANJIL

THR JAVA BONUS


download file :

THR JAVA GANJIL dan BONUS .CLASS

THR JAVA GANJIL dan BONUS.JAR




0 komentar:

Posting Komentar


Total Pengunjung

Demo Followers

Popular Posts Today

Followers

Telusuri

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / space of knowledge

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger